Pengertian
· Sejumlah kegiatan yang maksudnya untuk mempengaruhi, mengimbau dan merayu wisatawan potensial sebagai konsumen agar mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan wisata
· Menyediakan kemudahan2 agar calon wisatawan dapat melaksanakan keputusannya
· Tujuan : agar orang membeli produk yang ditawarkan
· Produk : dibuat menarik & harus tersedia
Tindakan2 yang dilakukan dalam kegiatan pemasaran :
· Menentukan atau memilih pasar atau calon konsumen/wisatawan
· Mempengaruhi mereka
· Tujuan => diperoleh hasil yg optimal dan memberi kepuasan yg sebesar-besarnya pd konsumen
Marketing mix :
· Kebijasanaan produk
· Kebijasanaan harga
· Distribusi
· Promosi dan publikasi
· Penjualan
· Jasa purnajual
Kebijaksanaan Produk
· Komponen produk pariwisata : angkutan, atraksi dan akomodasi
· Membuat produk sesuai dgn permintaan pasar, sesuai yg dicari dan disukai konsumen
· Produk harus sesuai dng motif perjalanan wisata, misal liburan, bisnis, kesehatan, kunjungan keluarga, dll
Kebijaksanaan Harga
· Harga produk
- Jumlah harga komponen2nya
- Faktor2 yg menimbulkan variasi harga komponen2:
§ Biaya angkutan
§ Biaya akomodasi (termasuk makan & minum)
§ Biaya untuk atraksi wisata
· Elastisitas harga
- Produk yg sama dijual dgn harga yg berbeda2
- Sifat musiman pariwisata
· Daya beli pasar wisata
- Tergantung dr kekayaan dalam masyarakat -> pendapatan nasional bruto per kapita
Distribusi
· Mengadirkan produk di tengah2 pasar -> availability
· Produk tidak pernah hilang di pasar
a. Distribusi produk pariwisata.
– Cara distribusi :
– Distribusi angkutan wisata
– Distribusi akomodasi wisata
– Distribusi atraksi wisata -> citra wisata, benda2 kebudayaan, perbuatan
– Distribusi produk pariwisata lengkap -> menyusun paket wisata
b. Citra pariwisata
– Gambaran ttg produk pariwisata
– Membentuk citra pariwisata harus memperhatikan:
o Sesuai dgn kenyataan di daerah tujuan wisata
o Memperhitungkan tata kehidupan, adat kebiasaan & kegemaran pasar
Promosi & Publikasi
· Promosi
o Kegiatan yg intensif dlm waktu yg relatif singkat
o Usaha untuk memperbesar daya tarik produk thd calon konsumen
• Promosi langsung
o Peragaan (display)
o Barang cetakan (brosur) yg disebarkan ke pasar
o Pameran khusus
o Pemberian “rabat” selama jangka waktu tertentu
o Pemberian “hadiah” selama waktu promosi
• Promosi tidak langsung
o Ditujukan ke penyalur produk pariwisata
o Tujuan:
- Menarik perhatian pd komponen2 pariwisata yg ditawarkan & membuat bersedia menjualnya
- Menciptakan kondisi & menyediakan sarana untuk menyusun produk pariwisata
- Cara yg digunakan:
* Pemberian informasi dlm bentuk barang cetakan
* Publikasi dlm majalah2 profesi
* Kunjungan pd perusahaan penyalur
* Pertemuan dgn perusahaan penyalur untuk memberi informasi
* Menyelenggarakan temu karya “workshop”
* Mengundang wakil2 perusahaan penyalur untuk mengunjungi daerah tujuan wisata
· Publikasi
o Menciptakan permintaan atau mempengaruhi permintaan dgn menonjolkan kesesuaian produk wisata dgn permintaan
o Tujuan : memancing reaksi pasar, menggerakkan calon konsumen sgsr mencari produk yg ditawarkan
o 3 tahapan:
- Penyebaran informasi
- Penanaman kepercayaan
- Penjualan
- Publikasi : Mengandung 4 unsur pokok
* Tujuan harus jelas & tetap karenanya harus teliti & khusus
* Poros : gagasan pokok yg akan disampaikan pd konsumen
* Tema : rumusan dlm bahasa secara tepat & teliti dr poros publikasi
* Pesan publikasi yg disusun berdasarkan tema yg dipilih & berupa rumusan yg disampaikan pd konsumen
· Publikasi
- Publikasi langsung -> leaflet atau folder; brosur perjalanan; pameran, pekan pariwisata
- Publikasi dalam media massa -> harian; mingguan; bulanan & berkala; poster; radio; film; tv
- Publikasi intern -> promosi dr wisatawan ke teman/rekan
· Hubungan Masyarakat
- Kegiatan yg dikerjakan penghubung masyarakat:
* Mengadakan kerja sama & hubungan sebaik-baiknya dgn instansi2 setempat
* Masyarakat setempat diberi informasi secukupnya
* Mengundang orang luar terpilih
* Mengadakan “open house”
0 komentar:
Posting Komentar