Pemasaran Pariwisata

Pengertian
·         Sejumlah kegiatan yang maksudnya untuk mempengaruhi, mengimbau dan merayu wisatawan potensial sebagai konsumen agar mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan wisata
·         Menyediakan kemudahan2 agar calon wisatawan dapat melaksanakan keputusannya
·         Tujuan : agar orang membeli produk yang ditawarkan
·         Produk : dibuat menarik & harus tersedia

Tindakan2 yang dilakukan dalam kegiatan pemasaran :
·       Menentukan atau memilih pasar atau calon konsumen/wisatawan
·       Memastikan apa yg dicari oleh konsumen
·       Mempengaruhi mereka
·          Tujuan => diperoleh hasil yg optimal dan memberi kepuasan yg sebesar-besarnya pd   konsumen

Marketing mix :
·         Kebijasanaan produk
·         Kebijasanaan harga
·         Distribusi
·         Promosi dan publikasi
·         Penjualan
·         Jasa purnajual

Kebijaksanaan Produk
·            Komponen produk pariwisata : angkutan, atraksi dan akomodasi
·            Membuat produk sesuai dgn permintaan pasar, sesuai yg dicari dan disukai konsumen
·            Produk harus sesuai dng motif perjalanan wisata, misal liburan, bisnis, kesehatan, kunjungan keluarga, dll

Kebijaksanaan Harga
·         Harga produk
    • Jumlah harga komponen2nya
    • Faktor2 yg menimbulkan variasi harga komponen2:
§  Biaya angkutan
§  Biaya akomodasi (termasuk makan & minum)
§  Biaya untuk atraksi wisata
·         Elastisitas harga
    • Produk yg sama dijual dgn harga yg berbeda2
    • Sifat musiman pariwisata
·         Daya beli pasar wisata
    • Tergantung dr kekayaan dalam masyarakat -> pendapatan nasional bruto per kapita

Distribusi
·         Mengadirkan produk di tengah2 pasar -> availability
·         Produk tidak pernah hilang di pasar

a.       Distribusi produk pariwisata.
        Cara distribusi :
        Distribusi angkutan wisata
        Distribusi akomodasi wisata
        Distribusi atraksi wisata -> citra wisata, benda2 kebudayaan, perbuatan
        Distribusi produk pariwisata lengkap -> menyusun paket wisata
b.      Citra pariwisata
        Gambaran ttg produk pariwisata
        Membentuk citra pariwisata harus memperhatikan:
o   Sesuai dgn kenyataan di daerah tujuan wisata
o   Memperhitungkan tata kehidupan, adat kebiasaan & kegemaran pasar

Promosi & Publikasi
·          Promosi
o   Kegiatan yg intensif dlm waktu yg relatif singkat
o   Usaha untuk memperbesar daya tarik produk thd calon konsumen

           Promosi langsung
o   Peragaan (display)
o   Barang cetakan (brosur) yg disebarkan ke pasar
o   Pameran khusus
o   Pemberian “rabat” selama jangka waktu tertentu
o   Pemberian “hadiah” selama waktu promosi
           Promosi tidak langsung
o   Ditujukan ke penyalur produk pariwisata
o   Tujuan:
-         Menarik perhatian pd komponen2 pariwisata yg ditawarkan & membuat bersedia menjualnya
-         Menciptakan kondisi & menyediakan sarana untuk menyusun produk pariwisata
-         Cara yg digunakan:
*        Pemberian informasi dlm bentuk barang cetakan
*        Publikasi dlm majalah2 profesi
*        Kunjungan pd perusahaan penyalur
*        Pertemuan dgn perusahaan penyalur untuk memberi informasi
*        Menyelenggarakan temu karya “workshop”
*        Mengundang wakil2 perusahaan penyalur untuk mengunjungi daerah tujuan wisata

·          Publikasi
o  Menciptakan permintaan atau mempengaruhi permintaan dgn menonjolkan kesesuaian produk wisata dgn permintaan
o  Tujuan : memancing reaksi pasar, menggerakkan calon konsumen sgsr mencari produk yg ditawarkan
o  3 tahapan:
-        Penyebaran informasi
-        Penanaman kepercayaan
-        Penjualan
-        Publikasi : Mengandung 4 unsur pokok
*        Tujuan harus jelas & tetap karenanya harus teliti & khusus
*        Poros : gagasan pokok yg akan disampaikan pd konsumen
*        Tema : rumusan dlm bahasa secara tepat & teliti dr poros publikasi
*        Pesan publikasi yg disusun berdasarkan tema yg dipilih & berupa rumusan yg disampaikan pd konsumen

·          Publikasi
-        Publikasi langsung -> leaflet atau folder; brosur perjalanan; pameran, pekan pariwisata
-        Publikasi dalam media massa -> harian; mingguan; bulanan & berkala; poster; radio; film; tv
-        Publikasi intern -> promosi dr wisatawan ke teman/rekan

·          Hubungan Masyarakat
-        Kegiatan yg dikerjakan penghubung masyarakat:
*        Mengadakan kerja sama & hubungan sebaik-baiknya dgn instansi2 setempat
*        Masyarakat setempat diberi informasi secukupnya
*        Mengundang orang luar terpilih
*        Mengadakan “open house”

0 komentar:

Posting Komentar