Prasarana dan Sarana

Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata
·         Hasil atau produk industri pariwisata tidak dapat dipindahkan.
·         Peran perantar tidak diperlukan
·         Tidak dapat ditimbun
·         Tidak mempunyai standard atau ukuran yang objektif
·         Permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh faktor non-ekonomis.
·         Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli.
·         Banayk tegantung pada tenaga manusia dan sedikt menggunaan mesin.
·         Mempunyai tingkat resiko yang tinggi.


Objek Wisata
Yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik  bagi orang untuk mengunjungi daerah tertentu.
Benda-benda yang tersedia dan terdapat di alam semesta
Iklim, misalnya cuaca daerah
·         Bentuk tanah dan pemandangna, misal danau ,pantai, gunung dll.
·         Hutan belukar, misal hutan luas, pohon-pohon dll.
·         Fauna dan flora, tanaman yang aneh, cagar alam, taman burung dll.
·         Pusat-pusat kesehatan, misalnya sumber air mineral, madu lumpur dll.

Hasil ciptaan manusia
Benda-benda yang bersejarah, kebudayaan, keagamaan, misal monument bersejarah, museum, art galeri, acara tradisional, festival, upacara perkawinan, rumah-rumah beribadah.

Tata cara hidup masyarakat
Ngaben di Bali, upacara pembakaran mayat di tanah toraja, upacara sekaten di Yogyakarta, Upacar waisak di candi/mendut dan Borobudur.

      Sebelum  melakukan perjalanan, wisatawan ingin mengetahui :
·         Fasilitas transprotasi yang akan membawa dari asal ke daerah tujuan
·         Fasilitas akomodasi
·         Fasilitas catering service
·         Objek dan atraksi wisata
·         Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di tempat tujuan
·         Fasilitas perbelanjaan, untuk membeli barang-barang dan souvenir.
·         Tempat dan toko.

Prasarana (infarstructures)
Adalah semua fasilitas yang dapt memungkinkan proses perekonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya.(Lothar A. Kreck)

Prasarana ekonomi
·           Pengangkutan (transportasi) : pengangkutan yang dapat membawa wisatawan dari negara/tempat asal ke tempat tujuan
·           Komunikasi : telepon, telegraf, radio, tv, surat kabar, pelayanan kantor pas.
·           Kelompok yang termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik, persediaan air minum, sistem irigasi, sumber energi.
·           Sistem perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang.
·           Prasarana sosial : semua factor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yang ada.
·           Sistem pendidikan-pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan, untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yang bergerak di kepariwisataan
·           Pelayanan kesehatan : jaminan tersedianya layanan kesehatan.
·           Faktor keamanan : perasaan tidak aman karena adanya pencopetan, pencurian di hotel, penipuan sopir taxi dll.
·           Petugas yang langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi, bea dan cukai, polisi.

Prasarana (Prof. Salah Wahab)
·         Prasarana Umum : prasarana yang menyangkut kebutuhan orang banyak yang pengadaannya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian.
·         Pembangkit tenaga listrik, sistem penyediaan air bersih, jaringan jalan raya dan kereta api, sistem irigasi, perhubungan dan telekomunikasi. Kebutuahan Masyarakat Banyak : prasarana yang menyangkut orang banyak.
·         Rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, pompa bensi, administrasi pemerintahan.

Prasarana Kepariwisataan :
·         Receptive Tourist Plant : badan usaha atau organisasi untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan -> travel agent dan tour operator, tourist informasi center.
·         Resident tourist plant : fasilitas yang dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap -> hotel, motel, cottages, restoran dll.
·         Recreative and sportive plant : fasilitas yang digunakan untuk tujuan rekreaktive dan olahraga -> kolam renang, berselancar dll.

Sarana
·         Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup serta kehidupannya banyak bergantung pada kedatangan wisatawan
·         Sarana Pokok Kepariwisataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan wisata.
·         Travel agent & tour operator, perusahaan angkutan wisata, hotel dan jenis akomodasi lain, bar & restoran, objek wisata & atraksi wisata.

Sarana lengkap Kepariwisataan :
·         Perusahaan-perusahaan atau tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan daerah wisata.
·         Sarana olahraga (lapangan tenis, golf, kolam renang, berlayar, berselancar)
·         Sarana ketangkasan (permainan bola sodok, jackpot, dll)

Sarana pengunjung kepariswisataan :
·         Perusahaan yang menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawan lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi
·         Night club, casinos, steambaths.

0 komentar:

Posting Komentar